Rabu, 27 Februari 2013

Lingkup Kerja Desain Grafis


Apa saja lingkup kerja desainer grafis ?
 
Lingkup kerja desain grafis anatara lain:

* Buku, terutama buku modern non- fiksi dan buku pelajaran, banyak memerlukan desain grafis, sebagai informasi visual. Termasuk fotografi dan teks.
* Majalah. Alasan utama mempertahankan gambar (image) pada majalah adalah untuk mencapai target pembaca tertentu, cara menarik gambar melalui bentuk tulisan dan menambah kolom-kolom dan memanfaatkan ruang kosong.
* Koran, Surat Kabar. Setiap Koran memiliki gaya visual yang berbeda-beda namun layoutnya tetap mengikuti pola setandar.
* Leaflet, brosur, dan news letter . Leaflet secara cepat dapat divisualisasikan oleh para professional setelah dibuat seketsa melalui visualisasi pada ukurantertentu berdasarkan rational desain- elemennya degnan mengikuti pola-pola tertentu.
* Logos (Corporate Image). Mendesain logo boleh jadi hal terpenting dan memakai biaya besar dalam bidang grafis. Seluruh elemen yang menjadi unsure-unsurnya juga harus bermakna, komunikasi dan menggambarkan imge perusahan atau lembaga yang mengunakanya.

Masih banyak bidang lain yang termasuk dalam bidang grafis namun hal diatas yang paling umum. ( Pujirianto.2005:13)

Siapa saja yang memerlukan desain grafis ?
Yang memerlukan desain grafis sangat banyak antara lain. Biro periklanan/Advertising, Percetakan/penerbitan, studio photo, rumah produksi, asiten fotografer, digital imaging dan lain-lain.
Semoga Artikel ini bermanfaat. :)

1 komentar: